Your Adsense Link 728 X 15

Membudidayakn Tanaman Apotik Hidup

Posted by NAMAKU 0 komentar
Cara Sehat Alami dengan Menanam Apotik Hidup di Halaman Rumah - Seperti kita ketahui, apotik adalah tempatnya obat-obatan bagi manusia. Sama halnya dengan apotik hidup. Yang membedakan adalah, kalau apotik adanya di kota-kota tepatnya di toko, kalau apotik hidup berada di sekitar rumah kita, bisa di halaman rumah atau di pekarangan.


Untuk mendapatkan obat-obatan dari toko apotik, kita harus membayar dengan sejumlah uang, bedanya dengan apotik hidup, kita bisa mendapatkan obat-obatan alami sehat dengan gratis dari halaman atau pekarangan rumah kita.

Apakah apotik hidup itu? Semua orang sudah tahu, yaitu tanaman obat-obatan yang ditanam pada lahan pakarangan atau halaman rumah kita. Mengapa dinamakan apotik hidup, karena memberikan manfaat sebagai obat alami atau herbal. Tumbuhan yang bisa kita tanam di halaman rumah sebagai apotik hidup di antaranya adalah:

  • jahe
  • kencur
  • lengkuas
  • kunyit
  • kumis kucing
  • daun dewa
  • lidah buaya
  • daun sirih
  • kecombrang
  • temu
  • pinisilin
  • insulin, dll

Cara Sehat Alami dengan Menanam Apotik Hidup di Halaman Rumah
Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menanam apotik hidup secara organik dalam karung di halaman rumah, seperti misalnya:


Kita bisa menyediakan obat-obatan alami dengan murah, mudah, dan cepat tanpa harus membeli
Menyegarkan udara di sekitar rumah kita karena banyak tanaman yang menghasilkan oksigen.


Mendukung program pemerintah tentang penghijauan untuk melestarikan lingkungan sekitarnya yang sehat.
Kita dapat berelaksasi dengan melihat indahnya tanaman nan hijau di halaman rumah kita.


Sebagai sumber penghasilan keluarga. Sekarang ini marak budidaya jahe merah yang dilakukan sebagai usaha agribisnis menguntungkan.
Kita dapat mencukupi kebutuhan dapur akan bumbu dan rempah-rempah yang sehat dan alami.


Dengan menanam apotik hidup di halaman rumah, kita dapat melatih anak untuk bercocok tanam.
Dan masih banyak keuntungan lain yang bisa kita peroleh dengan menanam apotik hidup di pekarangan.


Cara Sehat Alami dengan Menanam Apotik Hidup di Halaman Rumah
Berikut ini cara menanam apotik hidup organik di halaman rumah. Seperti yang telah saya tulis artikel sebelumnya, caranya sangat mudah dan sederhana, yaitu:

  • Buat media tanam dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Selengkapnya bisa dibaca pada Cara Mudah Lengkap Membuat Media Tanam Sayuran Organik dalam Karung.
  • Masukkan media tanam pada wadah, dalam hal ini kami menggunakan karung bekas.
  • Tanam bibit pada media di atas.
  • Rawat dengan baik, yaitu dengan menyiram dan mengatasi hama dan penyakitnya.
  • Tunggu hingga tanaman menghasilkan.
  • Panen dan rasakan keuntungannya

Simpel dan mudah jika kita mau mengerjakannya, namun biasanya rasa enggan itu selalu muncul jika pada awalnya tidak kita paksakan.
Dengan menanam apotik hidup di halaman rumah, kami telah banyak memperoleh manfaatnya, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan dapur.


Cara Sehat Alami dengan Menanam Apotik Hidup di Halaman Rumah
Ayo mulai dari sekarang, seperti misalnya menanam 5 tanaman apotik hidup berikut ini:


1. Daun Sirih
Sirih sangat terkenal manfaatnya, yaitu untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit, mengatasi pendarahan gusi, dan mengatasi mimisan, serta menyembuhkan sariawan. Orang jaman dahulu menggunaan sirih untuk nginang (bahasa Jawa).
Kalau kita perhatikan, orang yang memiliki kebiasaan nginang, hidupnya selalu sehat. Penyakit akan susah menyerang, karena sari dari daun sirih yang ikut tertelan membantu membentengi tubuh dari serangan penyakit.


2. Jahe
Jahe bermacam-macam, ada jahe merah, jahe gajah, jahe prit, dll. Jahe memiliki manfaat sebagai rempah-rempah bumbu dapur. selain itu juga sebagai bahan tambahan dalam pembuatan makanan seperti biskuit, roti, ataupun kue, serta minuman. Fungsi penting jahe adalah sebagai obat tradisional yang aman dan menyehatkan. Sebagai tanaman obat, jahe berkhasiat untuk meredakan kejang, mengobati inflamasi, rematik, anti muntah, dan anti mikroba.


3. Kunir atau Kunyit
Tanaman rimpang berwarna kuning ini terkenal sebagai pewarna makanan alami yang menyehatkan. Selain itu kunyit merupakan tanaman yang digunakan untuk ramuan jamu yang berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, dan pembersih darah.


4.Laos atau Lengkuas
Kebanyak orang mengenal lengkuas sebagai bumbu masak ikan agar tidak bau amis. Sebenarnya lengkuas ada 2 macam, yaitu lengkuas putih dan merah. Lengkuas merah ini yang digunakan sebagai obat tradisional yang berkhasiat untuk meningkatkan selera makan, mengobati rematik, dan mengatasi penyakit kulit.


5.Lidah Buaya
Lidah buaya terkenal sebagai tanaman penyubur rambut. Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar dan keseleo.


5 tanaman di atas banyak terdapat di sekitar kita, sehingga untuk mulai menanamnya, kita dapat dengan mudah untuk mendapatkan bibitnya.


Popular Posts